Beranda > Science > Manual Web Browser NUPTK

Manual Web Browser NUPTK

Cara untuk melihat NUPTK bagi fungsional seperti guru, pengawas dan lain-lain. Akan dijelaskan melalui beberapa tahapan, disini saya mencontohkan studi kasus pada SMPN 1 Kayugung Kabupaten Ogan Komering Ilir : 1. Pertama jika belum ada browser NUPTK maka, silahkan unduh dulu disini (versi lama). Untuk versi terbaru silahkan unduh disini

Setelah selesai mengunduh aplikasi web browser NUPTK, maka silahkan double klik/ klik 2x/ klik kanan pilih open pada aplikasi tersebut. Kemudian akan muncul  seperti gambar dibawah ini :

2. Pilih “Kata Kunci Pencarian”  didalamnya terdapat beberapa pilihan, misal Sekolah/ Madrasah. Seperti gambar dibawah ini :


3. Tahapan selanjutnya yaitu memilih provinsi, maka pilihlah provinsi “Sumatera Selatan” :


4. Lalu tahapan berikut yaitu memilih Kabupten/ Kota, berhubung disini saya sebagai operator di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Maka pilih “Kab. Ogan Komering Ilir” yang mempunyai kode “1102”. Tunggu sebentar nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini :


5. Sebagai contoh saya memilih sekolah SMPN 1 Kayuagung, untuk memudahkan pencarian bisa diketik, di kolom “Cari Nama Sekolah” :


6. Selanjutnya setelah mendapatkan Nama Sekolah, maka untuk melihat isi dari SMPN 1 Kayuagung bisa meng-klik “Daftar PTK”. Dari sana kita bisa melihat daftar nama-nama, apakah Bapak, Ibu sudah terdaftar ?


Dan hasil akhir setelah meng-klik “Daftar PTK” maka akan keluar seperti ini

 

Terima kasih atas waktunya, semuga ini dapat bermanfaat. Jika ada terdapat kesalahan mohon dimaafkan. Ditunggu komentar-nya ^_^

Kategori:Science Tag:, ,
  1. ayo.asq
    25 Desember 2011 pukul 7:49 AM

    Nb : Setelah panjang kebawah dan lebar kesamping, untuk lebih mempermudah ini saya sediakan print out dalam bentuk pdf, silahkan http://www.ziddu.com/download/17947763/ManualWebBrowserNUPTK.pdf.html

  2. esra
    10 Januari 2012 pukul 5:44 AM

    cara update data kok gak ada sih…..???

    • ayo.asq
      12 Januari 2012 pukul 4:39 AM

      maksud-nya cara update gimana ? apa maksud-ny memperbaiki data, mengganti data terbaru ?.
      mohon maaf, untuk hal seperti demikian dibutuhkan login memerlukan username dan password. untuk data login didapat dari pemerintah pusat yang mengelola NUPTK ini.
      terima kasih.

  3. supardi
    14 Januari 2012 pukul 7:02 AM

    saya ingin melihat NUPTK saya

    • ayo.asq
      14 Januari 2012 pukul 6:31 PM

      silahkan,,, cara-ny seperti yang diatas.
      komentar paling atas terdapat print-out dalam bentuk pdf,,
      semuga bisa membantu, terima kasih.

  4. 14 Januari 2012 pukul 11:09 PM

    sekitar bulan juli 2011, sayah melakukan mutasi nuptk ke satminkal lain, tapi saya cek nama saya masih tetap ada di satminkal lama, gimana tindak lanjutnya? saya berdomisili di kabupaten Garut Jawa Barat…..terimakasih.

    • ayo.asq
      15 Januari 2012 pukul 11:52 AM

      Mohon maaf baru saya tanggapi, untuk prosedur pemindahan/ mutasi NUPTK. Sebelumnya NUPTK di Kabupaten yang memiliki NUPTK anda harus di pastikan mutasi dengan cara menghubungi Operator NUPTK Dinas Pendidikan setempat Kabupaten anda sebelumnya. Dari operator akan memberikan hasil print-out/ keterangan bahwa anda telah di mutasikan, setelah itu anda wajib menghubungi operator NUPTK Dinas Pendidikan Kabupaten tempat tujuan dimana anda mutasi.
      Semuga membantu, terima kasih.

  5. 20 Januari 2012 pukul 5:56 PM

    halu.. Minta tlg dong carikan nuptk saya, saya sdh mengurusi.. Sdh keluar belum ya???
    Nama lestariningsih
    smp n 2 jenggawah…. Btw aplikasi diatas g bs dbuka pake 6p saya:(
    Balas ya??? thx b4:)

    • ayo.asq
      21 Januari 2012 pukul 10:02 AM

      Mohon maaf sebelumnya, aplikasi ini bisa dibuka di komputer/laptop. Sedangkan untuk hp tidak bisa.
      Untuk cara melihat NUPTK, tahapannya seperti diatas dan untuk print-out dalam pdf sudah saya sediakan dikomentar pertama.

  6. indinah
    26 Januari 2012 pukul 4:07 PM

    Saya coba, koq nama kab/kotanya yg muncul dlm pilihan adalah nama negara? Mohon bantuan. Trim’s.

    #mohon maaf, komentarnya saya edit kerana penulisan Full Capslock.

    • ayo.asq
      8 Februari 2012 pukul 1:48 AM

      Coba anda ikuti petunjuk yang saya berikan seperti artikel diatas atau jika anda tidak keberatan silahakan unduh manual-nya dalam print-out pdf ada dikomentar 1 diatas.
      Jika memang bermasalah, kemungkinan dikeranakan koneksi signal/ provider yang anda gunakan.

  7. Neti Handayani
    7 Februari 2012 pukul 7:56 AM

    Thanks yach buat informsinya……………….

    • ayo.asq
      8 Februari 2012 pukul 1:48 AM

      sama-sama,, senang bisa membantu ^_^

  8. eet nurhayati
    8 Februari 2012 pukul 12:51 PM

    SAYA ngajuin NUPTK sudah beberapa kali, tp sampai saat ini belum juga ada. harus bagaimana?

    • ayo.asq
      13 Februari 2012 pukul 4:06 AM

      Mohon maaf sebelumnya baru saya balas.
      Untuk pendataan guru tergantung pada kebijakan daerah masing-masing dikarenakan otonomi daerah, untuk memastikan coba anda datang langsung ke Dinas Pendidikan setempat.
      Terima kasih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

