Beranda > Islamic > Pilih Mall dan Pasar atau ??????

Pilih Mall dan Pasar atau ??????

Dalam Al-Qur’an Surah Al Qadr (3), disebutkan pahala bagi orang yang beribadah pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan, sama seperti pahala ibadah yang dilaksanakan 1.000 bulan terus menerus. “Lailatul qadri khairun min alfii syahrin”, bahwa “Pada malam yang dimuliakan itu (hari diturunkannya Al-Quran) lebih baik dari malam seribu bulan”.

Sebagaian besar ulama menafsirkan malam tersebut jatuh pada malam-malam ganjil di akhir Ramadhan, yaitu pada malam ke-21, 23, 25, 27, dan 29 bulan Ramadan.

Dalam tafsir Al-Azhar, karangan H. Abdul Malik Karim Amrullah disebutkan satu hadits bahwa pada malam Al Qadr adalah malam ke-27 Ramadan. Namun belakangan, Buya Hamka -panggilan H Abdul Malik Karim Amrullah- membantah sendiri hadits itu. Hamka menyebut hadits tersebut dhoif (lemah), dan tidak patut menjadi dasar penentuan waktu hadirnya lailatul qadr.

Rasulullah SAW sendiri tidak pernah meriwayatkan ciri-ciri malam yang dimuliakan itu, ia hanya menganjurkan umatnya i’tikaf (berdiam diri di masjid) selama 10 hari terakhir. Siti Aisyah (istri Rasulullah) meriwayatkan, “Sesungguhnya Nabi ketika memasuki 10 hari terakhir Ramadan, ia mengencangkan ikat pinggangnya dan berdiam diri di masjid.”

Kategori:Islamic
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: