Beranda > Science > Bayar pajak motor

Bayar pajak motor

Hari ini kamis tanggal 16 desember 2010 jam 08:15 WIB, saya berangkat dari rumah (serijabo, nama desa) mau ke indralaya timbangan 32 untuk membayar/mengurusi pajak motor tahunan di SAMSAT Kabupaten Ogan Ilir. Tiba disana pukul 09:10 WIB, saya pergi menggunakan kendaraan bermotor yaitu motor jupiter z kesayangan. Hihi
Setelah tiba disana, maksud saya di SAMSAT Kabupaten Ogan Ilir. Saya menanyakan pada petugas, dimana saya bisa mengajukan permohonan untuk membayar pajak motor. Lalu petugas tersebut meminta saya untuk menunjukkan KTP dan STNK, saya pun mengeluarkan apa yang di minta petugas.
Tidak lama setelah petugas melihat KTP dan STNK, petugas tersebut memberikan sebuah formulir untuk diisi. Kemudian saya pun mengisi formulir tersebut. Selesai mengisi formulir, saya memberikan kembali formulir kepada petugas yang memberikan sebelumnya. Lalu petugaas meng-instruksikan pada saya bahwa formulir, KTP dan STNK harus di serahkan ke petugas yang lain.
Saya pun menyerahkan formulir, KTP dan STNK. Beberapa menit kemudian petugas melampirkan daftar harga pajak yang harus di bayar (semacam faktur), setelah dari petugas saya di minta untuk menempelkan materai (materai disini, materai pajak yang telah disediakan di SAMSAT Kabupaten Ogan Ilir, soalnya materai tersebut seharga Rp 5.000). Lalu saya di pinta lagi untuk membayar pajak motor sebagaimana tertera di faktur sebanyak RP 177.500, saya pun segera menuju ke loket Bank lokal (Bank SUMSEL) yang ada di kantor SAMSAT Kabupaten Ogan Ilir dengan membayar uang sebesar Rp 178.000.
Setelah pembayaran beres, saya mau mengambil KTP dan STNK yang telah jadi. Akan tetapi ada petugas yang menyatakan, bahwa KTP dan STNK dapat diambil jam 13:00 WIB (alias jam satu siang). Melihat jam menunjukkan pukul 10:00 WIB masih cukup lama jika di tunggu, akhirnya saya ke warnet browsing, baca forum dan lain-lain. Merasa sudah cukup waktunya, jam telah menunjukkan pukul 13.10 WIB saya pun kembali ke SAMSAT Kabupaten Ogan Ilir untuk mengambil KTP dan STNK yang telah jadi. Ketika mau mengambil KTP dan STNK, saya di mintai petugas uang Rp 5.000 (saya tidak tahu uang itu untuk apa, saya juga tidak menanyakan).
Alhamdulillah, mengurusi pajak motor telah selesai. Saya pun segera kembali kerumah.

Kategori:Science
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

