Beranda > Islamic > Amanat Keagungan Ilahi (AKI)

Amanat Keagungan Ilahi (AKI)

Malam minggu kemaren tepat-nya tanggal 8 Oktober 2011, saya berkunjung ke tempat kawan. Sebut saja nama-nya Rano, bukan Rano Karno (artis) :-P.

Awal-nya saya berkunjung niatan silaturahmi karena sudah lama tidak ketemu padahal baru 2 minggu, saat itu juga ada ibunda-nya yang sedang menguliti/ mengupas kacang (menguliti, sungguh kata yang baku nan tidak jelas :-D).

Mengobrol dengan teman tersebut (Rano) hingga tak tahan ketawa sampai lepas (cekakak-cekikik), biasa apa saja diobrolkan mulai dari pekerjaan, lingkungan/ masyarakat dan kehidupan pribadi (sedikit cerita tentang kapan nikah :-P).

Ketika itu juga sempat ibunda beliau mengatakan kalau daerah kita ini ada aliran/ agama yang dianggap baru yaitu “amanah keagungan ilahi”. Saya yang waktu itu mendengar amanah keagungan ilahi spontan kaget karena baru mendengar kata (aliran tersebut). Mendengar cerita dari ibunda beliau bahwasan-nya agama tersebut “hanya menyakini/ percaya/ ingat”akan waktu shalat. Kalau terdengar adzan cukup ingat saja kalau waktu shalat sudah tiba, tidak mengerjakan seperti shalat biasa.
Menyedihkan, membuat pilu di hati. Yang bikin lebih kaget lagi, ada beberapa orang telah ikut aliran tersebut kalau dihitung ada 4 orang. Bisa dikatakan Alhamdulillah karena dari ke empat orang yang ikut sekarang tinggal 1, beberapa alasan orang yang meninggalkan aliran tersebut karena setiap bulan harus melapor ke pemimpin yang tinggal di kota (Palembang) tidak pungkiri biasa-nya kalau ke kota ada keperluan saja misal mau belanja dan sebagainya, ke kota pun membutuhkan uang.
Waktu pun menunjukkan pukul 22.05 WIB saya pun pamit mau pulang, dalam benak terpikirkan bagaimana hal ini bisa masuk ke desa saya padahal kalau ada kedatangan hal-hal seperti itu (aliran-aliran) cepat ditangkal masyarakat kami tetapi,,,, semua telah terjadi. Sekarang tinggal bagaimana membenahi ???

Tiba dirumah saya mencari apa itu Amanat Keagungan Ilahi (AKI), searching di gugel dapatlah apa yang saya cari.
http://antipemurtadan.wordpress.com/2009/03/04/membongkar-gerakan-aliran-sesat-aki/
http://selamatkanbangsa.blogspot.com/2007/11/aliran-sesat-di-jawa-timur-al-quran.html
Semuga kita selalu mawas diri terhadap lingungan sekitar. Be Carefull

About these ads
  1. m.reza
    24 Desember 2011 pukul 7:22 AM

    pada umumnya orng mudah menilai salah n langsung mengatakan sesat padahal.kalau memang anda sudah masuk kedalam nya.maka anda akan tersalut2 n kagum.bukan sedikit kalau dibilang banyak jga gak.orng2 yg di AKI,jga sdh banyak pergi ke makkah.ada yg haji dan ada jga yang umroh untuk melengkapi rukun islam yg ke 5…saran saya jangan takut lah untuk masuk ke aliran apa saja.yg penting mereka atau aliran tsb menggunakan atau berpegang dg alqur’an n hadist

  2. m.reza
    24 Desember 2011 pukul 10:08 PM

    malesssss komeni orang yg gk tau dan belum masuk AKI…kadang orang yg mengatakan sesat belum tentu rajin sholat 5 waktu.dan belum tentu bisa mandi wajib.yang bener

    • Abu khoir
      4 Februari 2013 pukul 5:07 AM

      emang antum…masuk AKI dari kapan?

  3. 27 Desember 2011 pukul 10:28 AM

    tanya pada diri sendir siapa yg sesat kamu atw siapa ? alloh saja yg menciptakan manusia tidak pernah usil terhadap apapun,,,, lah,,, ko,, kenapa sekarang anda usil ? anda manusia atw belum jadi manusia ?

  4. rizal
    7 Februari 2012 pukul 1:33 AM

    Biarkan air mengalir dengan sendirinya,gak usah takut akan fitnahan orang banyak.Fitnahan menjadikan iman seseorang menjadi tebal asalkan gak seperti yang orang sangkakan.ingat kawan jangan sampai terpancing nafsu amarah yang menjadi hijabnya manusia,ikuti sir yang ada dalam hati sanubari kita masing2….salam sejahtera selalu ya

  5. m azhari
    14 Februari 2012 pukul 3:24 AM

    allahu akbar allahu akbar allahu akbar…..tetap zikir selalu ingat pada allah dan rasulnya amin ya allah……..

  6. Riska
    4 Maret 2012 pukul 12:32 PM

    sesungguhnya kebenaran itu hanya milik Allah,
    sudah baik.kah anda…sampai anda perlu mengoreksi pribadi orang lain…? bahkan se.penting itu kah…sampai anda merasa peru meyakinkan orang lain, bahwa AKI itu sesat??
    dan jika memang AKI adalah sesat, sudahkah anda melihat dengan mata kepala anda sendiri kesesatan itu…??
    maka dengan ayat Al-Qur’an yang mana, anda dapat mengatakan AKI sesat…??

    bisa anda jelaskan pada saya…??

    • Ardi ansya
      5 Maret 2012 pukul 4:25 PM

      Yang sabr buk suatu himbauan kpd org yg blum dimengrtikn mmg cukp rumit,tp yakinlh niat mu mnjun2ng amanah,suatu kbenarn,sberapa kuat kamu ke amanh pa ka kamu da di waris?

    • kenji muckhlichin
      29 Oktober 2013 pukul 6:52 PM

      saya juga sangat prihatin dgn adanya fitnaan itu, saya ikut ajaran aki tidak ada yang namanya dilarang sholat,puasa,malahan di anjurkan.semenjak saya ikut ajaran aki saya menjadi orang yang takwah, dan selalu ingat allah.allah huakbar…………

  7. Riska
    4 Maret 2012 pukul 12:41 PM

    tidak perlu terburu-buru,
    kita sama-sama belajar, dan terus meng.kaji hidup..
    jika anda menemukan link, maka iniah jawaban saya…:)

    http://kbaki.com/

  8. ayo.asq
    6 Maret 2012 pukul 4:42 AM

    mohon maaf, penilaian bukan dari saya pribadi saja melainkan ini terjadi pada daerah kami (Palembang sekitarnya).
    dan terus terang, ini saya baru dapat kronologi

  9. 5 April 2012 pukul 5:42 AM

    Aki,menurut saya tidak sesat,disamping Aki ini bukan agama.Tetapi justru Aki ini bisa menampung untuk membaur seluruh umat yg berbeda agama.Toh kalo diakui semua agama2 itu dari Tuhan dan Tuhan cuma satu didunia kok kenapa umat2 beragama saling berebut BENAR.Bagus dan tidaknya umat itu dalam beragama kan bisa dinilai dari hasilnya.Produk agama adalah KESOLEHAN SOSIAL YANG BERBASIS SPIRITUAL ( kemanusiaan,kejiwaan,kerohanian,kebhatinan). Aki mengupas tuntas tentang hidup,tujuan hidup,penyakit manusia,hidup itu untuk apa,Tuhan dimana,buktinya apa,mengupas hal kemusrikan,bahkan di berantas sampai ke akar2nya. DAN MEMBAWA BUKTI2 NYATA BUKAN TEORI2. MEMPERBANYAK DZIKIR (MENGINGAT ALLOH) TIDAK MENGHINA AGAMA!TIDAK MENGHINA NABI2 JUSTRU MAKIN GETOL DLM HAL BERBUAT BAIK. MASA DI BILANG SESAT.YANG BILANG SESAT ITU ADALAH KAUM MUSRIK DAN SIRIK.

  10. 9 April 2012 pukul 6:04 PM

    manusia sudah diberi opsi untuk berbuat di dunia ini ” I’mali ma Syi”ta” koq pada ribut ribut sesat menyesatkan………tu tugas MUI beri pelajaran kpd seluruh Umat Islam di Indonesia Tentang Islam yang benar…….bacakan 30 juz ayat al quran 1 per satu. gmana posisi manusia dalam berbuat dan beramal.apakah masuknya saya ke syurga ditentukan oleh anda………….dan apakah masuk neraka ditentukan oleh anda………..? kalo jawabnya tidak…………..ya wes, ajari aja keluarga mu, anak bini mu, sanak mu, Islam aja pada awalnya sudah terjadi ketidak setabilan mana kala itu syaidina ali beda pendapat dg pihak siti Aisyah……….kan mereka pernah berperang…..antar agama islam (liat tu sejarah). apakah itu tidak keliru………???????.yang terpenting…….menurut saya. yang mengaku dirinya ISLAM perbanyaklah ilmu ke Islamannya., duduk sbg pengurus MUI belum tentu ilmunya luas, belum tentu hatinya bersih, itu tuu….pedagang2 yang berjam jam dipasar sudah kagak sholat…………..pakah mereka sudah MUI beri penyuluhan, coba beri penjelasan kepada saya tentang pengetahuan / ilmu anda tentang rukun Islam yang lima(5), 4 dari rukun islam bisa dipelajari, baca buku dan tanya orang (ustad, Kyiai) rata rata jawaban hampir sama tidak terlalu ada perbedaan .yaitu tentang sholat,puasa,zakat dan haji) sementara syahadat mana pernah ada orang yang mempelajarinya,………????????koq dak ada bukunya, koq dak ada cara caranya………….?knapa yang 4 tadi ada ya ya ya? coba tanya ustad, kyiai tentang ilmu syahadat, buat quisener 10 kyiai di daerah yang berbeda tentang jawaban mereka tentang syadat…………………(mudah2an jawabannya sangat jauh berbeda satu sama lainnya. tapi kalo rukun islam selain itu, yang 4 nya, jika dibuat quisener maka jawabnya………….mudah2an tidak berbeda……………kenapa ya?? sebuah ilusi ” ayah seorang polisi”? apakah anaknya polisi juga? tidak dong karena dia tidak mengikuti tata cara masuk polisi (tidak melamar, tidak tes dll?, terkecuali dia ikut semua prosedur, so pasti dia seorang polisi.sudahlah wahai saudaraku sesama islam tidak usah ribut2 dalam rumah sendiri.masih banyak ilmu dalam islam ini yang belum kita pahami.AKI tidak pernah mengajarkan untuk tidak sholat, puasa, dll amalan mahdoh. terlalu banyak umat islam yang tidak/lalai/ sholatnya/puasanya, bukan saja AKI tapi orang islam sendiri. liat lah di masjid berapa banyak penghuninya? mana banyak antara yang msk masjid dengan yang tidak msk masjid.emil saya hermedimedi@yahoo.co.id. mohon maaf dan terima kasih.

  11. 9 April 2012 pukul 6:15 PM

    beribadahlah kalian kepada allah hingga kamu benar benar yakin.

  12. marcho muhammad
    15 April 2012 pukul 7:39 PM

    tidakah kta menyadari kita di beri amanat sama ALLAH?..untuk selamatkan umat manusia dari kegelapan hatinya atas kekuasaNYA.jika kita sendiri sbg pemuka agama masih gelap tertutup sm kebencian,kesombongan,takabur.atas pengetahuan yg tidak direalisasikan,,bgmn pertanggungan jawab kt sama amanatNYA.cintailah agamamu dg sebenar-benarnya.,,jngn sampai cinta buta dan membutakan insan yg masih awam akan ALLAH.sesungguhnya itu akan buat celaka bgi dirimu dan orang banyak.dan ALLAH maha tahu atas kebenaran di setiap hati mahluknya..hati-hati dg kebencian karena itu perusak hidupmu di sgala bidang

    • Firda
      9 Juli 2013 pukul 9:31 PM

      jgn selalu mengucapkan kalam yg sama dgn orang lain, bagaimana kalam buat u sendiri

  13. Nasionalisme religius
    12 Mei 2012 pukul 4:20 PM

    AKI aliran yg berbahaya, krna saya sendiri pernah debat langsung dengan pimpinan AKI yaitu Andreas Guntur. Klo menurut islam, aliran ini memang sesat krna hanya salah dalam penafsiran ayat-ayat AL-Qur’an. Banyak ayat yg dibolak balikan dalam penafsirannya, yg sesuai dengan idealisme mereka sendiri. tanpa berpedoman juga dg Al hadist. Pendiri AKI yg ngakunya telah menerima wahyu Alloh, klo menurut pemikiranku Dia itu menerima hidayah alloh bukan Wahyu Alloh. Krna Wahyu Alloh yg terakhir adalah Kepada Nabi Muhammad SAW. Banyak hal yg membuktikan bahwa AKI itu aliran berbahaya, krna Ak membuktikan sendiri dg menyelami Aliran tersebut. Pesanku Jangan Sekali-kali terjerumus dalam aliran tersebut. Jng lah mencari jatidiri, tp bentuklah jatidiri se mulia dan sebaik mungkin.

    • Wahyu Indria Sony Bahari
      26 April 2013 pukul 7:04 AM

      Selama siapapun yang bernafsu mendebatkan masalah prosesnya pemahaman metode pencerahan, bisa dibilang orang tersebut juga belum terbuka oleh pencerahan itu sendiri.. karena nafsu akal pikiran akan selalu ingin memposisikan dirinya menang dalam berdebat, akan merasa menjadi pahlawan dan pemenang apabila bisa memenangkan perdebatan tsb. Pencerahan hati identik dengan Hidayah Alloh SWT, sehingga dengan memperdalam ISLAM dengan tepat sasaran yaitu diri sendirlah yang harus ditakhlukkan oleh Kehendak Alloh SWT, agar egoisme nafsu, egoisme ambisi, egoisme takabur pribadi nya luntur oleh Hukum Illahi melalui Dua Kalimat Syahadat…selama itu belum dirasakan dalam hati dan hanya sebatas pandangan mata, olah pikiran dan dorongan kecurigaan…maka akan selamanya menjadi pribadi liar…sama saja dengan preman berselimutkan baju ISLAM… Target Sholat..??? belum tercapai, Target Puasa..?? belum tercapai..dst…dst… renungkan sedalam dalamnya…dengan kesadaran sesadar sadarnya…sujudkan dirimu beserta semua anggota tubuhmu yg di dalam maupun di luar…hanya kepada ALLOH SWT…sebenar benarnya SUJUD, TAKHLUK, TUNDUK… Karena Hukum Alloh menyatu dengan unsur unsur yang ada di alam semesta ini, pikiran manusia terbatas kemampuannya namun minta diakui melulu… sedangkan Keleluasaan dan KEKUASAAN ALLOH sangat tidak terbatas…

  14. 30 Mei 2012 pukul 10:02 AM

    Selama itu masih dijalan kebenaran hakekatnya dijalan allah…..didunia ini tidak ada yang sempurna kecuali allah swt…..allah tidak rewel dan tidak usil …kenapa kok kita sebagai manusia ciptaannya suka lebayyy……kalau anda sebagai penganut agama islam dan suka sholat…serta hakekatnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar ya..sudah perbanyak sholat nya….zikirnya …jangan keji dan mungkar lagi dong…..terlebih ngomongin yang kita belum tau isi sebenarnya itu gimana….tanya pada diri sendiri sudah benarkah kita…sudah bersihkah kita….sudah sucikah kita….selama tidak merugikan diri kita dan orang banyak jangan suka usil…..perbanyak sholat dan cari sholat yang benar itu seperti apa….ok bro…….

    note : tulisan saya edit kerana semua huruf kapital!

    • silvie angraeni
      20 Oktober 2012 pukul 1:38 AM

      ass.wr.wb…sebelumnya mohon ma’af lahir bathin saudaraku…SAYA mantan penghuni “SARITEM” lokalisasi yang ada di BANDUNG.setelah saya menerima WIRID (AMANAH KEAGUNGAN ILLAHI) SAYA berhenti dari “SARITEM”, namun kenapa KEMAKSIATAN masih saja terus berjalan padahal disana ada MESJID dan PESANTREN.yang berHAK memfonis SESAT hanya ALLAH YANG MAHA BENAR MAHA SUCI.bukan kita manusia yang tidak luput dari salah dosa…..

  15. tio
    20 Juni 2012 pukul 5:43 PM

    yg wajib kita ikuti ya sunah rasullullah muhamad saw n para sahabatnya,,,kalo nyeleweng ya jangan di iukti,,,pake mandi lafadz segala,,gk mungkin aliran sesat keliatan kesesatanya,,pasti sepinter2nya di tutupin,,,nanti lama2 juga kebongkar,,,

  16. agus cungkring
    24 Juni 2012 pukul 7:30 AM

    wahai keturunan adam jangan salah, alam dunia alam ramai ada positip dan negatip andaikan hanya ada positip aja tidak mungkin ada kehidupan..jadi simpel aja ada kebaikan ada kejelekan hidup berpasangan.. dan hidup bukan keinginan kita, kita tidak usah repot2 cari aliran yang penting tanya dirimu sudahkah berbuat baik..jalani hidup ini dengan berusaha lebih baik dan setelah itu bersyukur menerimanya dengan ikhlas……

  17. Manusia biasa
    22 Juli 2012 pukul 12:23 PM

    Saudaraku semua,
    fenomena banyaknya aliran keagamaan tidak bisa hanya disalahkan kepada seseorang, cobalah untuk berintrospeksi, pasti ada yang salah dalam pembinaan umat entah itu dalam pola pembinaannya ataupun orang yang melakukan pembinaan atau keduanya.
    baik aliran sesat ataupun aliran tidak sesat keduanya jelas telah melakukan bi’dah

  18. Sunarto
    16 Januari 2013 pukul 8:45 AM

    Waaaaah hebat sekali yang mengatakan A K I aliran sesat

  19. Sunarto
    16 Januari 2013 pukul 8:50 AM

    anda mengatakan sesat karena anda tidak merasakanya

  20. Abu khoir
    30 Januari 2013 pukul 8:01 AM

    Assalamualaikum wrhmatullohi wabarokatuh,….Ana MANTAN IMAM TURJAUN DI ” AKI ” dari tahun 1999. Sudah banyak orang yang Ana WARIS.

    Ana SUDAH pernah masuk GOA Kencana Wulung-Tasik ( 2 hari dua malam ),
    Ana SUDAH pernah Ziarah ke Makam Penerima ” AKI ” yang pertama.
    Ana Banyak TAHU tentang ” AKI ” dan Ajarannya.
    Ana SERING meninggalkan SHOLAT WAJIB yang sesuai dengan Syariat ISLAM.
    Ana SERING meninggalkan PUASA WAJIB yang sesuai dengan Syariat ISLAM.

    setelah Ana BELAJAR MENGKAJI ” Alqur’an dan Khadizt ” dengan USTADZ yang berkompeten.
    Maka Ana langsung “BERTOBAT”

    Dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

    “Saya wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah, mendengar dan mentaati (penguasa) walaupun yang memimpin kalian adalah seorang budak belian. Dan sesungguhnya barangsiapa di antara kalian yang (masih) hidup sepeninggalku, niscaya akan melihat perselisihan yang banyak. Maka hendaklah kalian berpegang dengan Sunnah (jalan atau cara hidup)-ku dan sunnah para Al-Khulafa Ar-Rasyidin yang mendapat petunjuk, dan gigitlah dia dengan geraham kalian. Dan hati-hatilah kalian terhadap perkara baru yang diada-adakan, karena sesungguhnya setiap yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap kebid’ahan adalah sesat.” (Shahih, HR. Abu Dawud dan lainnya, dari Al-’Irbadh bin Sariyah z)

    “Kemudian dari pada itu. Maka sesungguhnya perkataan yang paling benar adalah Kitab Allah. Dan sebaik-baik tuntunan adalah tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam . Dan seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan. Maka sesungguhnya setiap yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap kebid’ahan adalah sesat.” (Shahih, HR. Muslim dari Jabir z)

    ‘Abdullah bin ‘Ukaim menyebutkan bahwa ‘Umar bin Al-Khaththab pernah mengatakan: “Sesungguhnya ucapan yang paling benar adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala . Dan sesungguhnya sebaik-baik tuntunan adalah tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam . Dan seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan. Ingatlah, bahwa semua yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap kebid’ahan adalah sesat dan kesesatan itu (tempatnya) di neraka.” (Al-Lalikai, 1/84)

    “Dan hati-hatilah kalian terhadap perkara baru yang diada-adakan, karena sesungguhnya setiap yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap kebid’ahan adalah sesat.” (Shahih, HR. Abu Dawud dan lainnya, dari Al-’Irbadh bin Sariyah ).
    “Barangsiapa mengerjakan satu amalan yang tidak ada perintah kami atasnya, maka amalan itu tertolak.” (Shahih, HR. Al-Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah ).

    • Firda
      9 Juli 2013 pukul 9:39 PM

      klu anda meninggalkan aturan islam yg ditentukan, jgn salahkan Aki. krn u di kasih hak untuk memilih jln hidup kamu. seperti pelacuran atau minuman keras pun di arab saudi pun mesih ada. apa itu salah negaranya, itu salah anda yg menjalani maksiat. manusia hidup dibekali iman, yg jelas Aki tidak pernah melarang peribadahan yg diyakininya apalagi mengenai sholat atau puasa. klu pun itu terjadi pada pengayom yg anda ikuti, itu bkn Aki Krn aki mohm. syamsuh tidah pernah melarang peribadahan yg diyakini jama’ahnya. hati kpd orang yg mengatas namakan Aki.

  21. M'nuroh
    7 Maret 2013 pukul 3:52 AM

    sareat dan hakekat harus seimbang,,orang yang kuat dalam sareat akan menentang kuat tentang hakekat, dan orang yang sudah tau hakekat akan merasa diri paling tau,,,ingat cerita nabi musa yang berguru ke hidir, dan hidir harus berguru ke abu hanifah,,itu bukti bahwa manusia tidak ada kekuatan tanpa peertolongan alloh.

  22. agung waskita
    10 Maret 2013 pukul 7:30 PM

    Marilah berjalan dimuka bumi dengan membawa hati yang terikat dengan Baitullah
    Karena Baitullah adalah sumber keselamatan bagi yang mengerti tentang Iman dan Taqwa
    Baitullah adalah hati, hati adalah ALLAH ALLAH adalah Sumber Keselamatan kita semua. . .
    Mudah2an kita semua mampu untuk meraih keselamatan dari Nya Amien

  23. puji
    2 Juni 2013 pukul 3:53 AM

    Dr yg aq baca, woow..Bgtu bnyak org yg membela si AKI ini.. Kalian tw tidak? MUI telah mnyatakan bhwa AKI itu sesat, walau si AKI mengklaim bkn aliran tp ajaran yg d bawa AKI tidak sesuai dgn ajaran yg Rasulullah bawa.. Qt sbg muslim hrs yakin bhwa Rasul itu Nabi/utusan Allah yg trakhir.. Aq adlh mantan jamaah AKI yg Alhamdulillah telah Allah selamatkan utk kluar dr si AKI.. Tntu sj aq pnah mrasakan ritual yg AKI ajarkan n itu smw tdk ada tuntunannya dr Rasulullah.. Apakah qt mrasa paling bnar dr Rasulullah? Apakah qt mrasa lbh baik dr Rasulullah? Allah sdh jelas n tegas mnyatakan bhwa Rasulullah adlh uswatun hasanah yg hrs qt ikuti.. Sbagaimana shalat memang tdk hanya skedar ingat sm Allah sj,, tp ssuai dgn yg Allah mw, kl qt ibadah semaunya sndiri, maka Allah akan mberikan hal yg sm utk qt.. Hati2: Brgsiapa yg telah Allah tutup hatinya, maka hidayah tdk akan masuk utk slamanya’.. Smw ini milik Allah, kl mw ibadah berusahalah yg kaffah, jgn stengah2, cari dalil yg benar/shahih, jgn cari dalil dr imam AKI krn jawabannya adlh doktrin.. Kl mw cari jawaban utk kbaikan insya Allah akan Allah bimbing(tp ingat jgn cari dalil dr imam AKI atw sgala hal yg bhubungan dgnny), kalian akan tw bhwa slama ini ada bnyak pnyimpangan d sana,, wallahu a’lam

    • Firda
      9 Juli 2013 pukul 9:28 PM

      klu anda sebagai mantan jama’ah Aki sudah kah anda menjalani tidak merasa dirinya benar dan menyalakan orazng lain. klu berbicara masalah sunnah rosul jgn diambil 1 sisi, krn rosul mempunyai 4 sahabat dimanah mempunyai mkom masing2 dan pengertian tentang islam. baca sejarah Islam sahabat. Al qur’an jgn cuma dibaca sobat tp dijalani perintahnya satu ayat demi satu ayat. sudah mampu kah anda menjalaninya, disitu anda akan menjadi orang yg bijak dlm melihat perkembangan keyakinan manusia pada Allah.

  24. ayo.asq
    18 Juni 2013 pukul 9:26 AM

    saya tegaskan, kalau saya bukan AKI. Bukankah postingan saya di atas telah jelas yang ikut AKI itu kakak kandungnya teman saya, yang mana telah jelas mengesampingkan kewajiban yaitu SHALAT.
    dari itu yang saya benci, summa na’u,,,

  25. idris galang
    19 Juni 2013 pukul 9:42 AM

    Salam damai…
    Bg siapapun yg blm mrskan amanah yaa pasti nilai aki itu sesat, gak sesuai hadist lah….sy aja dulu sempat menilai bgtu.. Bth ketekunan, kepolosan Hati, kepatuhan, niat yg baik..ksimpulanya sy pribadi mrsa beruntung dan bersyukur sekali.
    Atas sgla prbhan positif yg sy rasakan..

  26. Racharjo madyo Tirto
    1 Oktober 2013 pukul 7:17 AM

    Assalamu Alaikum WW

    Kami hanya ingin memberi sedikit penjelasan, bahwasanya AKI itu sebenarnya bukan Ajaran, bukan Aliran tetapi tutunan, kita akan dituntun dengan mandiri apa yang dirasakan oleh pribadi masing masing atas karunia Allah yang disebut dengan Nur Ilahi, bahwasanya nur ilahi itu setiap orang berhak mendapatkannya seperti halnya rezeki, tetapi caranya yang spesifik. sehingga istilahnya harus di tuntun oleh Imamnya, supaya tidak keliru dasar Nur ilahi itu dari surat An Nur.

    Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat per-umpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Mahamengetahui segala sesuatu. (QS. 24:35)
    Pada saat orang mendapatkan Nur, maka dia akan merasakan suatu goib pada dirinya. Sehingga apa yang akan dilakukan Sang Penerang akan menuntun langkah, ucapan , Ahlak, pikiran serta hati suci. Sehingga apabila kita mau melakukan penyimpangan maka seketika itu akan terjadi perbaikan yang terkendali. Hal itu diluar dari otak kita. Sepertinya aneh tapi kalau merasakan luar biasa. Dari gerak gerik kita bila sudah mendapatkan Nur Ilahi maka semua perjalanan hidup akan semakin terkedali, sekalipun kita mau berontak ya silahkan saja hal-hal dari penyimpangan akan adanya teguran langsung dan atau peringatan.

    sebagai referensi tentang Goib adalah QS:

    Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Baqarah 3
    لَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (3)

    Pertama : Beriman kepada yang gaib. Termasuk di dalamnya beriman kepada Allah dengan sesungguhnya, menundukkan diri serta menyerahkannya sesuai dengan yang diharuskan oleh iman itu. Tanda keimanan seseorang, ialah melaksanakan semua yang diperintahkan oleh imannya itu.
    Yang gaib, ialah sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh pancaindra. Pengetahuan tentang yang gaib itu semata-mata berdasar kepada petunjuk-petunjuk Allah swt. Karena kita telah beriman kepada Allah, maka kita beriman pula kepada firman-firman dan petunjuk-petunjuk-Nya Termasuk yang gaib ialah : Allah, Malaikat, hari kiamat, surga, neraka, mahsyar dan sebagainya.
    Nur Ilahi didapat seperti kita sudah memasang telepon, maka harus dipergunakan untuk bertanya apa apa yang belum tahu. Sehingga nanti akan muncul beberapa jawaban bisa gerakan yang diluar batas control otak, sehingga out-putnya bisa seperti Qalam Ucap, Qlam gerak, Qalam Tulis, Qalam Gambar dan lainnya. Semua itu hasilnya akan luar biasa.
    Sebagai referensi Surat Al Alaq:
    1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
    2. Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
    3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
    4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,
    5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
    Dst

    Sebagai contoh. Dalam keheningan malam kita bertanya tentang gerakan apa yang paling Engkau ridhoi untuk mensyukurimu ya Allah, apa seperti gerakantangan salib, apa seperti tari kecak , apa seperti gerakan gerakan agama yang pernah aku lihat? maka secara tiba-tiba tubuh kita tanpa di suruh sujud lama, terus coba lagi.. tiba tiba tangan di gerakan suruh menyerah takbir lama…, coba lagi tiba tiba tangan keduanya di taruh diperut dengan badan berdiri, kemudian coba lagi tiba tiba duduk seperti orang tahyat awal, dan akhir. Dan seterusnya di coba berulang kali sehingga kalau kami simpulkan itu adalah gerakan parsial dari suatu Shalat. Dan aku yakin pada saat Kanjen Nabi Muhammad diajarkan sholat pasti gerakannya parsial tidak sekaligus. Seperti membangun rumah pasti sedikit demi sedikit. Tetapi teratur. Dan akhirnya saya menemukan dengan keyakinanku sebuah gerakan yang sempurna berupa sholat . disitulah aku bertambah dekatnya kepada ALLAH.
    Contoh lagi : setelah aku Tanya tentang kehidupan alam semesta semua seperti sebuah tulisan abstrak yang tidak bisa dibaca tetapi aada maknanya. Tangan dengan gerakan sendiri tetapi mantap menggoreskan tinta kedalam kertas berupa tilisan abstrak yang sangat luar biasa. Kami menuliskan ribuan lembar qalam tulis tidak sedikitpun ada yang salah, dan masih aku simpan dengan baik sebagai bukti bahwa rasanya dituntun ya begini. Subhanallah.
    Itu baru dua contoh, belum qalam ucap , apa apa yang kita ucapkan seperti diluar otak tetapi kita merasakan adanya ucapan kebenaran. Dan masih banyak pengalaman lainnya.
    Kembali ke atas bahwasanya Allah akan mengajarkan apa-apa yang belum kita ketahui melalui Qalam atau pena. Jadi pada saat orang yang belum mengetahui jauh itu / sepertinya sudah menjelaskan yang masih partial sehingga orang yang menangkapnya akan menjadi bingung, apa lagi yang tadinya tidak mempunyai basic agama yang kuat maka cara menyampaikannya tidak menggunakan referensi Kitab Al-Qur’an. Maka akan menjadi sesat karena ketidak sempurnaan penjelasan.
    Dan sebetulnya kita dengan Nur ilahi bisa belajar kitab Yang tersirat seperti mengungkap jagad raya seisinya dari micro sampai macrao secara detailpun bisa. Atas Ijin Allah maka akan memudahkan kita untuk membacanya. Contoh di ujung jari kita ada sidik jari, itu sebenarnya tulisan Allah yang disebut Qalam Tulis, sebelum ada tulisan Alif bata …,ABCDE…, Honocoroko,…tulisan china kuno… sudah ada duluan tulisan ini, dan itu dituliskan kepada semua orang , seperti kafir, yahudi, nasrani, hindu, budha, islam tidak pandang bulu Allah menuliskan tulisan Abstraknya itu yang disebut Maha Murah.
    Dan yang lebih penting lagi sebetulnya Nur Illahi adalah kekuatan yang dahsyat untuk menyatukan umat, pengalaman ada orang yang berdoanya menyebut ya Tuhan..ya Tuhan terus menerus lama kelamaan menyebut Ya ALLAH. Sehingga ucapannya diganti tidak sadar.
    Itulah sekilah kegunaan Nur Illah yang telah di sampaikan kepada kami dan kami terus terang belajar sendiri dan bertanya terus hingga kini.
    Sekian WW
    Semoga bermanfaat

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: