Beranda > Science > Mengatasi Laptop yang cepat Panas (over heating)

Mengatasi Laptop yang cepat Panas (over heating)

Biasanya kebanyakan laptop yang berprocesor AMD indentik dengan panas. Pprocessor yang dirancang untuk seri overclock-kan ini mempunyai kinerja yang sangat tinggi untuk mendukung grafis dan aplikasi yang menggunakan video dengan reolusi tinggi, mempunyai dampak mempercepat terjadinya pemuaian pasta pada prosesor dan terminal VGA yang terintegrasi dengan heatsink (penyalur panas) yang kemudian di hembuskan keluar oleh laptop fan.

Tersumbatnya saluran sirkulasi udara dapat membuat udara panas yang seharusnya di hembuskan keluar, memantul kembali kedalam, sehingga suhu/tempratur didalam laptop semakin tiinggi. Biasanya Laptop yang berprosesor Intel kendala panas ini terjadi hanya karena tidak lancarnya sirkulasi udara yang disebabkan tersumbatnya saluran sirkulasi udara atau bearing/kumparan fan mulai bermasalah sehingga tidak mampu beroperasi sesuai dengan standard yang pabrikasi tentukan, jika itu terjadi cukup dengan membersihkan heatsing ventilasi atau mengganti fan dengan yang baik.

Melemahnya Output power untuk fan (3v-5vtergantung merk) juga dapat menyebabkan fan tidak berfungsi sebagaimana mestinya bisa menjadi pemicu tingginya tempratur didalam Laptop. Sebaiknya sebelum kita melakukan pemeriksaan secara teknikal, sebaiknya kita menggunakan software yang bisa mengukur suhu atau kestabilan temprature sesuai dengan standard pabrikasi. Jika memang perputaran fan dan temprature diindikasikan tidak normal maka kita dapat melakukan tahapan-tahapan pengecekan sebagaimana yang tadi diuraikan diatas.

Ada beberapa jenis laptop yang tetap panas/bertemprature tinggi walaupun tahapan diatas telah kita lakukan. Hal ini bisa disebabkan adanya ketidak seimbangan power pendukung VGA ataupun Processor. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara mengukur tegangan/output power untuk masing-masing chips (download motherboard schematic sesuai merk laptop yang bermasalah untuk melihat standard output power yang dibutuhkan) atau dengan cara meningkatkan kinerja fan dengan mematikan fan auto swich power system (berfungsi untuk menghidupkan/mematikan fan dalam kurun temprature yang menjadi standarisasi pabrik) sehingga fan dapat terus menyala walaupun temprature tidak panas, metode ini berhasil untuk menghambat terjadinya panas.

Khususn untuk merek Compaq (HP) cukup dengan memutuskan satu dari tiga kabel fan, biasanya berwarna kuning atau selain berwarna merah dan hitam maka auto swich akan berhenti sehingga fan akan hidup terus menerus selama Laptop difungsikan baik dalam keadaan memakai power adapter ataupun dengan menggunakan Battery. Pastikan menguji keberhasilannya sebelum merakit Laptop kembali.. apabila fan tidak menyala maka kita perlu membuat power terpisah (tidak lagi diatur oleh swiching fan) tapi dengan menjumper power dari kapasitor (C) yang terdekat, pastikan tegangan yang dikeluarkan C tersebut sesuai dengan kebutuhan fan.

Jika langkah-langkah tersebut diatas masih belum mampu mengatasi panas, sebaiknya segera menghubungi autorized vendor untuk penanganan yang lebih rinci.

 

Source : mohon maaf, ane copas dari meng-goggle (lupa nama web-blog tersebut).

 

About these ads
Kategori:Science
  1. 28 Juli 2011 pukul 3:36 AM | #1
  2. ayo.asq
    28 Juli 2011 pukul 9:07 AM | #2

    terima kasih atas bantuan memberi link source

  3. 29 Juli 2011 pukul 3:25 AM | #3

    sama – sama…

  4. Hoerter
    30 Juli 2011 pukul 4:59 AM | #4

    siapa bilang processor AMD cepet panas??
    aq punya 2 PC AMD ama Intel , malah yg panas intel idle ampe 62 derajat , yg AMD idle cuman 28 derajat … makanya kalo mau membuat kesimpulan jgn memakai 1 sumber… kalo bisa punya barangnya biar tahu mana yg bener.. thx

    • ayo.asq
      31 Juli 2011 pukul 4:29 PM | #5

      hehe,,,,
      ane dulu pernah punya mobo for amd waktu itu tahun 2002 november, ane juga banyak pasang kipas di cpu bahkan pasang kipas angin yang kecil buat bantu nurunin suhu (ntuh pengalaman ane yang pertama). terus banyak juga teman yang gunjang ganjing alias keluhan terhadap procie amd yang terkenal sangat panas.
      untuk yang kedua, tahun 2009 agustus ane pake lepi cq40-416au. panas-ny sangat hingga 100 derajat, so ane bukan tanpa bukti maupun pengalaman apalagi yang agan bilang kalo barang ane dah punya.
      maka dari itu, ane posting nih artikel.
      terimakasih dah mampir en dah nanggapi, mudah-mudahan agan tidak sungkan untuk berkunjung lagi en komentaran.

  5. kuching13
    26 November 2011 pukul 12:34 AM | #6

    sekedar meluruskan, klo dolo procie AMD memang terkenal panas, dan itu benar, karena procie amd g seperti sainganya yang dijual secara box, dolo amd hanya dijual secara tray, jadi tidak mendapatkan heatsink/fan. makanya kadang amd panas karena heatsink/fan nya tidak sesuai dengan standar pabrikan amd sendiri. tapi kalo sekarang amd g seberapa panas kek dolo karena dah dijual secara box. itu sedikit kesimpulan dari banyaknya kabar seputar procie amd yang cepet panas. CMIIW

  6. 14 Januari 2012 pukul 11:07 PM | #7

    permisi para suhu semua nya saya punya laptop dell cepet panas dan sering hang kenapa yach ??

    thx

    • ayo.asq
      15 Januari 2012 pukul 12:39 PM | #8

      Mohon maaf baru ditanggapi, sebelumnya ane minta maaf juga.
      Kerana ane tidak tahu persis spek laptop anda, coz anda tidak menyebutkan speknya, misal dell intel/ amd, os xp/vista/7..
      Biasanya, untuk prosesor amd memang sering cepat panas, apalagi kalau dipakai maen game yang agak berat atau menjalankan aplikasi yang berat. Dari panas tersebut menyebabkan terjadinya “hang”.

  7. mosfet amp
    28 Oktober 2012 pukul 3:27 AM | #9

    Spot on with this write-up, I honestly think this web
    site needs far more attention. I’ll probably be back again to read more, thanks for the info!

  8. bruri
    7 November 2012 pukul 6:21 AM | #10

    pemisi gan!
    aqq py laptop Compeq CQ41-210TU.
    awlya dulu sering qw buat editing vidio karena kebutuhan kerja.n sekarng sering nge hang.terus qw instal ulang lg dg win.7 ultim.n qw kurangi semua sofwr yg dul qw pkek.bhkn hmpir cmk bisa qw gunakn buat ngetik doang.tp tetep aj nge hang padal kipas fan prossesry nyala.kenapa ya?
    apa tersumbat,tp udah qw besihkan fany.ai aq pkek intell…
    tx

  9. 17 November 2012 pukul 1:55 AM | #11

    I’ve read a few excellent stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting. I surprise how so much effort you put to make this kind of wonderful informative web site.

  10. 3 Desember 2012 pukul 3:34 AM | #12

    Permisi numpang nx!klo laptop toshiba satellite l510 gmn crax spy kpasx nyala trus??

  11. 4 Juni 2013 pukul 6:02 PM | #13

    You actually make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be actually something which I think I
    would never understand. It seems too complex and
    very broad for me. I’m looking forward for your next post, I’ll try to get the
    hang of it!

  12. 9 Juli 2013 pukul 11:07 PM | #14

    I don’t write a lot of comments, however i did a few searching and wound up here Mengatasi Laptop yang cepat Panas (over heating) | Semangat Terus Belajar. And I do have some questions for you if it’s allright.
    Is it simply me or does it look as if like some of
    these comments look like written by brain dead people? :-P And, if you are writing at additional online social sites, I’d like to follow everything new you have to post. Would you make a list of the complete urls of your communal sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

  1. 22 Oktober 2013 pukul 2:07 AM | #1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: